Santika, Arena (2021) Pengembangan E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial di SMA N 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_4_ARENA_SANTIKA_17058056_2759_2021.pdf Download (640kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul berbasis anyflip yang layak digunakan untuk pembelajaran sosiologi guna meningkatkan penguasaan materi pada mata pelajaran sosiologi peserta didik kelas X IPS 4 SMAN 3 Payakumbuh dan mengetahui peningkatakan penguasaan materi sosiologi peserta didik SMA setelah mengikuti pembelajaran dengan e-modul berbasis anyflip, Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&O dengan model 40. Tahap define merupakan tahap awal dari model 40 untuk menganalisis permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk merancang sumber belajar e- modul berbasis anyflip dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkan sumber belajar e-modul berbasis anyflip sebagai sumber pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan materi peserta didik. Kelayakan e-modul berbasis anyflip dilihat dari skor validasi yang didapatkan yang diolah menggunakan Microsoft excel. Uji coba lapangan produk e-modul berbasis anyflip ini dilakukan pada kelas X IPS 4 SMAN 3 Payakumbuh dengan jumlah 34 peserta didik. Peningkatan kemampuan penguasaan materi peserta didik ini dilihat dari hasil skor pretest-posttest yang diperoleh peserta didik. Tahap disseminate merupakan tahap penyebarluasan sumber belajar e-modul berbasis anyflip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sumber belajar e-modul berbasis anyflip ini layak digunakan untuk pembelajaran sosiologi guna meningkatkan kemampuan penguasaan materi peserta didik pada materi nilai dan norma sosial; (2) peningkatan kemampuan penguasaan materi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis anyflip dapat dilihat pada nilai akhir posttest yaitu 87,0588. E-modul berbasis anyflip yang dikembangkan lebih baik dapat diakses secara offline sehingga dapat memudahkan peserta didik yang tidak memiliki cukup data.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti, S.IP |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:11 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:11 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/37103 |
Actions (login required)
View Item |