Eksistensi Perempuan Pejuang dalam Novel Mawar Hitam Tanpa Akar Karya Aprilia R.A Wayar: Kajian Feminis Eksistensialis Simone de Beauvoir

Putri, Resi Dwi (2021) Eksistensi Perempuan Pejuang dalam Novel Mawar Hitam Tanpa Akar Karya Aprilia R.A Wayar: Kajian Feminis Eksistensialis Simone de Beauvoir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RESI_DWI_PUTRI_17017111_4850_2021.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi, penyebab, dan dampak dari eksistensi perempuan yang terdapat dalam novel Mawar Hitam Tanpa Akar karya Aprilia R.A Wayar berdasarkan kajian feminis eksistensialis Simone de Beauvoir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, dan kalimat dari paparan narator dan tuturan dan tindakan tokoh cerita yang memenuhi rumusan kriteria strategi feminis eksistensialis Simone de Beauvoir. Sumber data atau objek penelitian adalah novel Mawar Hitam Tanpa Akar karya Aprilia R.A Wayar terbitan Papua Room tahun 2009 cetakan yang pertama. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan empat tahap, yaitu: (1) membaca dan memahami novel Mawar Hitam Tanpa Akar karya Aprilia R.A Wayar; (2) menetapkan tokoh utama dan tokoh pendamping dalam Mawar Hitam Tanpa Akar karya Aprilia R.A Wayar; (3) mengidentifikasi data berdasarkan masalah penelitian; dan (4) menginventarisasi data. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya, teknik analisis data dilakukan dengan empat tahap, yaitu: (1) mengklasifikasikan data; (2) menginterpretasikan data; (3) mengumpulkan hasil analisis data; dan (4) melaporkan hasil analisis data dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian yang ditemukan, yaitu: (1) terdapat empat strategi eksistensi perempuan berupa strategi; perempuan intelektual (perempuan yang berpikiran kritis), perempuan pekerja (perempuan yang mampu bersikap mandiri), perempuan transformasi sosial (perempuan yang dapat bekerja mencapai transformasi sosial masyarakat), dan perempuan mandiri (perempuan bisa membebaskan diri dalam menjalani kehidupan). (2) penyebab dilakukannya strategi eksistensi perempuan adalah; kepedulian sosial (perempuan yangt memiliki sifat peduli terhadap lingkungan sosialnya), status ekonomi (sikap atau tingkah laku dalam dunia pekerjaan untuk memenuhi perekonomian), dan pemikiran ke arah perubahan (perempuan dapat berpikir untuk kemajuan yang sukses dalam bermasyarakat maupun diri pribadi). (3) dampak dari strategi eksistensi perempuan berupa; perubahan lingkungan sosial dan pribadi (perubahan positif dan negatif), dunia pekerjaan dan ekonomi (seperti perempuan dapat bekerja dan perempuan mandiri), dan pejuang kesetaraan gender (perempuan dapat eksis dengan pemikirannya dalam memperjuangkan sesuatu tanpa adanya keterbatasan gender).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NOVEL MAWAR HITAM TANPA AKAR
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Feb 2022 08:07
Last Modified: 08 Feb 2022 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36725

Actions (login required)

View Item View Item