Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi Secara Unisono Melalui Metode Drill di Kelas VII-3 di SMP N 11 Sijunjung

Siahaan, Feli Bastian (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Bernyanyi Secara Unisono Melalui Metode Drill di Kelas VII-3 di SMP N 11 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FELI_BASTIAN_SIAHAAN_17232032_3244_2021.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran adanya bernyanyi lagu bolelebo secara unisono melalui metode drill yang digunakan oleh pendidik di kelas VII-3 SMP Negeri 11 Sijunjung. Jenis penelilitan ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, objek penelitian adalah pembelajaran seni budaya dengan materi pembelajaran bernyanyi secara unisono, instrument dalam penelitian ini adalah penulis sendiri, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan bernyanyi secara unisono dengan metode drill yang dilakukan pendidik pada peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 11 Sijunjung. Peningkatan pembelajaran peserta didik tampak pada kualitas proses yang mencakup tingginya antusias dan keaktifan peserta pada saat melakukan latihan bernyanyi secara unisono dalam pembelajaran seni musik. Tinggunya antusias belajar peserta didik sebagai akibat dari efektifnya gaya dan cara mengajar yang dilakukan pendidik. Dimana muatan pembelajaran dilakukan dengan latihan-latihan membaca lagu sesuai dengan ritme dan melodi yang berstruktur. Selain itu peserta didik aktif melakukan pembelajaran sebagai dampak dari kepedulian pendidik mengelola dan memonitoring dengan menyanyikan lagu yang dipelajari pendidik. Dampak positif dari penggunaan metode drill bernyanyi secara unisono adalah hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata 80 atau diatas KKM 70. Dari hasil penelitian diatas diketahui bahwa melalui metode drill yang digunakan pendidik berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam bernyanyi lagu bolelebo secara unisono di kelas VII-3 di SMP Negeri 11 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE DRIL
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:52
Last Modified: 04 Feb 2022 05:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36618

Actions (login required)

View Item View Item