Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Pro pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia

Yolanda, Rana (2021) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF Pro pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RANA_YOLANDA_17046183_3747_2021.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangkan e-modul berbasis flip PDF pro pada mata pelajaran Sejarah Indonesia; (2) Untuk mengetahui tingkat validitas e-modul berbasis flip PDF pro pada mata pelajaran Sejarah Indonesia; (3) Mendapatkan e-modul berbasis flip PDF pro pada mata pelajaran Sejarah Indonesia yang praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), dengan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analyze (analisis), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), tahap implementation (implementasi) dan tahap evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MAN 2 AGAM, sedangkan objek penelitian adalah e-modul berbasis flip PDF pro dengan materi pokok Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa e-modul berbasis flip PDF pro langkah sebagai berikut: (a) Menentukan materi pokok yang di buat dalam e-modul yaitu Kerajaan Islam di Indonesia yang sesuai dengan KI dan KD (b) Menentukan referensi dan sumber yang digunakan untuk membuat materi pokok, (c) Menenukan media yang akan digunakan agar relevan dengan karakteristik materi pembelajaran, (d) Merancang tampilan Cover dan tampilan isi modul elektronik dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Pro.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kelayakan oleh ahli materi sebesar 3,6 dengan kriteria sangat layak dan nilai kelayakan oleh ahli bahan ajar sebesar 3,52 dengan kriteria sangat layak. Untuk hasil uji praktikalitas guru memperoleh nilai sebesar 3,88 dengan kriteria sangat praktis dan respond peserta didik terhadap modul elektronik berbasis flip PDF pro sangat praktis dengan skor 3,55. Ini menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis flip PDF pro yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODUL ELEKTRONIK
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:56
Last Modified: 12 Jan 2022 03:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36163

Actions (login required)

View Item View Item