Pengetahuan Suami Mengenai Suami Siaga Studi Etnosains: Masyarakat di Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan

Izzati, Rahmi (2021) Pengetahuan Suami Mengenai Suami Siaga Studi Etnosains: Masyarakat di Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RAHMI_IZZATI_17058037_4791_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya angka kematian ibu pada saat melahirkan, dan disini dituntut adanya pengetahuan suami terhadap Suami Siaga di Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengetahuan Suami Siaga. Dalam menganalisis permasalahan ini, peneliti menggunakan studi etnosains yang dikemukan oleh James Spradley yang menyatakan bahwa pengamatan Spradley lebih menekankan kepada cultural knowledge, meskipun cultural knowledge is hidden from view, ia merupakan bagian penting untuk menjelaskan kebudayaan yang ada didalam masyarakat. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi Etnosains dan teknik pemilihan informan purposive sampling (sampel bertujuan). Jumlah informan sebanyak 29 orang. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan model etnosains dari Spradley. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dengan beberapa informan didapatkan hasil tentang pengetahuan suami mengenai Suami Siaga di Nagari Pakan Rabaa Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan, diperoleh 1). Sumber informasi tentang Program Suami Siaga yang diperoleh dari keluaga, teman, internet 2). Suami memiliki pengetahuan dalam penyelamatan ibu hamil yang adanya pertolongan pertama, 3).pengetahuan tentang tanda-tanda akan melahirkan ditandai oleh pecah air ketuban 4). Pengetahuan bahaya melahirkan terlalu tua dan terlalu muda 5). Pengetahuan dalam perawatan kehamilan yang meliputi gizi pada ibu hamil dan pemeriksaan kehamilan 6). Pengetahuan tentang Tanda-tanda bahaya dari kehamilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SUAMI SIAGA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:55
Last Modified: 12 Jan 2022 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36020

Actions (login required)

View Item View Item