Analisis Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Daring dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Kelas X IPA di MA Al-Mukhlisin Sibuhuan

Hasibuan, Mutiara (2021) Analisis Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Daring dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Kelas X IPA di MA Al-Mukhlisin Sibuhuan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MUTIARA_HASIBUAN_17031027_3241_2021.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar pada pembelajaran daring dan hubungannya dengan hasil belajar biologi kelas X di Ma Al-Mukhlisin Sibuhuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini tidak dilakukan pengambilan sampel, artinya penelitian dilakukan terhadap seluruh anggota populasi dengan alasan jumlah anggota populasi tidak terlalu banyak. Sampel penelitian berjumlah 60 peserta didik. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan 30 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan gambaran mengenai minat belajar pada pembelajaran daring dan hubungannya dengan hasil belajar biologi. Skor hasil tes minat belajar pada pembelajaran daring terhadap mata pelajaran biologi yang didapatkan dari hasil penelitian ini tersebar dalam empat kategori yaitu pada kategori tinggi sekali, tinggi, kurang tinggi, tidak tinggi. Maka peserta didik kelas X IPA di MA Al-Mukhlisin Sibuhuan memiliki kategori minat belajar yang tinggi dengan rata-rata persentase 65,08%. Skor hasil belajar peserta didik diperoleh dari Nilai Ujian Tengah Semester Ganjil menunjukkan nilai tertinggi yaitu 80 dan nilai terendah yaitu 20 dengan rata-rata 64,6. Sehingga memiliki kategori hasil belajar yang tinggi artinya terdapat hubungan positif yang tidak signifikan antara minat belajar pada pembelajaran daring terhadap mata pelajaran Biologi dengan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Nov 2021 08:00
Last Modified: 24 Nov 2021 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35403

Actions (login required)

View Item View Item