Paket Informasi Permainan Tradisional Minangkabau di Nagari Jaho Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar

Handayani, Lidya (2021) Paket Informasi Permainan Tradisional Minangkabau di Nagari Jaho Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_LIDYA_HANDAYANI_18026046_4390_2021.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang Paket Informasi Permainan Tradisional Minangkabau di Nagari Jaho Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu: (1 )Mendeskripsikan proses pembuatan paket informasi tentang permainan tradisional Minangkabau menjadi suatu paket informasi yang menarik. (2) Mendeskripsikan hasil uji coba produk paket informasi ten tang permainan tradisional Minangkabau di N agari Jaho Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara langsung dan melakukan observasi dengan Dinas Pariwisata Padang Panj ang dan melakukan wawancara dengan masyarakat N agari J aho yang disegani dan paham dengan permainan tradisional serta generasi muda saat sekarang. Hasil penulisan dalam pembuatan paket informasi permainan tradisional Minangkabau terdapat enam tahapan penulisan paket informasi, yaitu: ( 1) identifikasi kebutuhan pengguna, ditemukan permasalahan yang ada yaitu seiring dengan perkembangan zaman sekarang anak-anak tidak ada memainkan permainan tradisional Minangkabau, mereka sibuk dengan gedgetnya masing- masing; (2) Mengumpulkan informasi yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara yang dilakukan kepada Dinas Pariwisata Padang Panjang dan masyarakat N agari J aho dilengkapi dengan mencari sumber internet atau pun buku serta bahan-bahan yang berhubungan dengan paket informasi yang telah dibuat; (3) Pengemasan informasi, dalam pengemasan perlu menentukan bentuk kemasan, cara pengemasannya, dan bentuk cover yang menarik; (4) Menentukan sasaran pengguna, sasaran yang dituju pada paket informasi ini yaitu masyarakat Nagari Jaho serta anak-anak generasi muda saat sekarang yang sudah sibuk dengan dunia gedget; ( 5) Menetapkan cara penyebarluasan kemasan informasi dengan menyebarkan informasi produk dalam bentuk e-book yang bisa diakses; ( 6) Evaluasi produk, evaluasi juga dapat dilakukan dengan melakukan uji coba produk kepada masyarakat dengan memberikan angket. Hasil uji coba yang dilakukan terhadap masyarakat mendapatkan hasil yang memuaskan dengan melakukan revisi pada cover dan gambar latar pada paket informasi, sehingga produk ini sudah layak untuk di gunakan oleh masyarakat umum serta menambah wawasan tentang permainan tradisional Minangkabau.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:36
Last Modified: 28 Oct 2021 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34954

Actions (login required)

View Item View Item