Hubungan Cyberbullying dengan Kepercayaan Diri Siswa

Liliana, Liliana (2021) Hubungan Cyberbullying dengan Kepercayaan Diri Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_LILIANA_17006058_3114_2021.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap individu dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Kepercayaan diri ini dapat menunjukkan sejauh mana individu yakin dan percaya dengan kemampuan yang dimiliki sehingga ia mampu mengaktualisasikan diri dan mengembangkan potensi tersebut secara maksimal. Kenyataan yang terjadi dilapangan masih banyak siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah seperti merasa dirinya kurang menarik, takut mengeluarkan pendapat, merasa tidak sebanding dengan orang lain, dll. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa adalah menjadi korban dari cyberbullying. Idealnya kepercayaan diri siswa setelah mendapatkan perlakuan cyberbullying yaitu merasa tenang saat melakukan sesuatu, mampu menetralisasi ketegangan yang muncul di dalam berbagai situasi, mampu menyesuaikan diri dan berkomunikasi di berbagai situasi, memiliki kondisi mental yang sehat dan mampu menerima diri sebagaimana adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cyberbullying dan kepercayaan diri siswa serta menguji hubungan antara cyberbullying dengan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 246 orang siswa SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian berjumlah 60 orang siswa yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket cyberbullying dan kepercayaan diri model Skala Likert. Data diolah menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan program SPSS versi 20 for windows. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Cyberbullying yang diterima siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang berada pada kategori tinggi dengan persentase 44%, (2) Kepercayaan Diri yang dimiliki oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang berada pada kategori sedang dengan persentase 83%, (3) Terdapat hubungan yang signifikan negatif antara cyberbullying dengan kepercayaan diri siswa dengan rtabel sebesar -0,498

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:46
Last Modified: 25 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34846

Actions (login required)

View Item View Item