Penggunaan dan Fungsi Musik Talempong Unggan pada Acara Baralek di Nagari Unggan Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung

Indrawati, Deby (2021) Penggunaan dan Fungsi Musik Talempong Unggan pada Acara Baralek di Nagari Unggan Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DEBY_INDRAWATI_17023007_3409_2021.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian mt bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan dan menganalisis Fungsi Musik Talempong Unggan pada Acara Baralek di Nagari Unggan Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif analisis. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengumpulkan data, mendeskripsikan data, menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengunaan Musik Talempong Unggan pada serangkaian Acara Baralek di Nagari Unggan adalah pada acara ba arak dari rumah bako ke rumah pokok yaitu mempelai laki-laki maupun mempelai perempuan beserta rombongan diarak menggunakan talempong menuju ke kediaman mempelai wanita maupun mempelai laki-laki yang diarak dari rumah bako sampai kerumah pokok. Selanjutnya pada acara basalawat pada malam harinya dengan tujuan untuk mengantarkan mempelai laki-laki beserta niniak mamak dan rombongan diarak menggunakan talempong menuju kerumah mempelai perempuan, dan pada acara manyombah mintuo mempelai perempuan diarak kerumah mempelai laki-laki dan selanjutnya dilaksanakan ba arak iriang dari rumah mempelai laki-laki kerumah mempelai perempuan dengan iringan talempong unggan sebagai penyemarak dari seluruh rangkaian acara baralek, sedangkan fungsi dari musik Talempong Unggan di Nagari Unggan adalah sebagai Fungsi Ekspresi, Fungsi Kenikmatan Estetika, Fungsi Hiburan, Fungsi Komunikasi dan sebagai Fungsi Sumber Ekonomi Bagi Pemain Musik Talempong Unggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:05
Last Modified: 11 Oct 2021 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34420

Actions (login required)

View Item View Item