Estimasi Produktivitas Excavator Hitachi ZX-350H dengan Mitsubishi Fuso 220 ps HD dalam Meningkatkan Produksi Andesit di PT. Koto Alam Sejahtera, Pangkalan Koto Baru

Hannah, Berryl (2021) Estimasi Produktivitas Excavator Hitachi ZX-350H dengan Mitsubishi Fuso 220 ps HD dalam Meningkatkan Produksi Andesit di PT. Koto Alam Sejahtera, Pangkalan Koto Baru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_BERRYL_HANNAH_17080014_1732_2021.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

PT. Koto Alam Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan andesit yang berlokasi di Nagari Koto Alam, Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menghitung keserasian kerja alat yang baik antara alat gali muat dan alat angkut, mengetahui total kemampuan produksi alat yang dicapai, dapat menentukan jumlah dari alat gali muat dan alat angkut yang dibutuhkan agar terjadi keseimbangan kerja alat, dan dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya produksi. Dalam proses penambangan nya, PT. Koto Alam Sejahtera menggunakan sistem penambangan terbuka dengan metode quarry. Berdasarkan hasil pengamatan yang ditemui di lapangan pada PT. Koto Alam Sejahtera tidak mencapai target produksi yang ditetapkan perusahaan sebesar 70.065 Ton/Bulan, namun hasil produksi yang didapat hanya sebesar 50.746,3 Ton/Bulan atau sekitar 72,4%. Faktor tidak tercapainya target produksi andesit ini adalah rendahnya nilai efisiensi kerja alat dan terjadi ketidakserasian antara alat gali muat dan alat angkut. Setelah dilakukan analisis masalah yang ada, maka upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produksi, ialah menambah jumlah alat angkut sebanyak 2 unit untuk mendapatkan nilai MF =1 dan meningkatkan efisiensi kerja alat dengan cara mengurangi waktu hambatan yang terjadi dan didapat hasil sesudah perbaikan efisiensi kerja alat sebesar 70,361,1 Ton/Bulan. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah deskriptif kuantitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:33
Last Modified: 22 Sep 2021 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33958

Actions (login required)

View Item View Item