Pengaruh latihan Total Body Resistance Excercise (TRX)terhadap peningkatan daya tahan kekuatan otot lengan atlet dayung putra Kabupaten Lima Puluh Kota

Iqbal, Randy Muhammad (2021) Pengaruh latihan Total Body Resistance Excercise (TRX)terhadap peningkatan daya tahan kekuatan otot lengan atlet dayung putra Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_JANNATUH_KHAIROH_17087231_1342_2021.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang utama ketika penulis melakukan observasi dan wawancara dengan pelatih dayung adalah daya tahan kekuatan otot lengan atlet dayung putra Kabupaten Lima Puluh Kota masih rendah, dibuktikan dengan kurangnya tingkat daya tahan kekuatan otot lengan dalam menempuh jarak yang panjang, sehingga dalam melaksanakan pertandingan ditinggal oleh lawan sewaktu menempuh setengah dari jarak yang ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan one Group pre test-post test Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet dayung putra Kabupaten Lima Puluh Kota berjumlah 22 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 10 orang putra yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen untuk mengukur penelitian ini dengan cara daya tahan kekuatan otot lengan (Push Up Test ). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, Penggunaan metode latihan dapat diterapkan dalam latihan. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis, dimana hasil dari analisis uji hipotesis thitung = 2,38 yang melakukan test daya tahan kekuatan otot lengan (Push Up test) untuk ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 yaitu 2,26. Pada jumlah sampel 10 orang atlet putra, jadi disimpulkan terdapat pengaruh latihan Total Body Resistance Excercise (TRX) terhadap peningkatan daya tahan kekuatan otot lengan atlet dayung putra Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:49
Last Modified: 06 Sep 2021 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/33375

Actions (login required)

View Item View Item