Aningsih, Seila Ayu Pitri (2019) Upaya Sekolah Dalam Mengurangi Etnosentrisme ( Studi di SMPN 3 Luhak Nan Duo, Pasaman Barat ). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
A_03_SEILA_AYU_PITRI_ANINGSIH_2588_15052091_2019..pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat Upaya Guru Dalam Mengurangi Sikap Etnosentrisme Yang Berkembang di SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo, Pasaman Barat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk etnosentrisme, upaya guru, dan faktor etnosentrisme bertahan di SMPN 3 Luhak Nan Duo.Guru dan seluruh perangkat sekolah telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi sikap etnosentrisme yang berkembang disekolah. Namun, masih ada saja konflik dan gesekan - gesekan siswa antar suku yang disebabkan oleh sikap etnosentrisme.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif, wawancara mendalam , dan studi dokumentasi. Studi kepustakaan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles & Huberman ( reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan ).Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Guru Dalam Mengurangi Etnosentrisme di SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo, Pasaman Barat telah dilakukan dengan maksimal, namun belum mencapai tujuan yang diinginkan. Banyak siswa - siswi yang masih memiliki sikap etnosentrisme yang kental. Padahal seluruh guru telah bekerja sama dengan baik untuk mengurangi etnosentrisme yang berkembang di SMP Negeri 3 Luhak Nan Duo, Pasaman Barat. Hal ini terjadi karena faktor penyebab etnosentrisme yang datang dari luar lingkungan sekolah sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1 |
Depositing User: | Mrs Risna Juita |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 03:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 03:38 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/32007 |
Actions (login required)
View Item |