Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan

Ikhwan, Hafizah (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_HAFIZAH_IKHWAN_15035104_2434_2020.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri terbimbing untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi Sifat Koligatif Larutan dan menentukan validitas dan praktikalitas. Lembar Kerja Peserta Didik ini menggunakan tahap pembelajaran inkuiri terbimbing yang terdiri dari orientasi, eksplorasi, pembentukan konsep, aplikasi dan penutup. Jenis penelitian ini adalah Research and Developmentdengan mengguakan model pengembangan ploomp. Model pengembangan ploomp terdiri dari tiga tahap: penelitian pendahuluan, pembentukan prototipe, tahap penilaian. Instrumen penelitian adalah lembar validasi, angket, instrument keterampilan berpikir kritis. Validitas dan kepraktisan data dianalisis menggunakan Fleiss Kappa. Rata-rata momen kappa dari lima validator adalah 0,45 dengan kategori Moderate Agreement. Rata-rata momen kappa dari uji kelompok kecil adalah 0,21 dengan kategori Fair Agreement. Rata-rata momen kappa dalam uji lapangan adalah 1,00 untuk guru dan 0,21 terhadap respon peserta didik. Pada aspek keterampilan berpikir kritis dilakukan pre-test dan post-test terhadap peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-Gain 0,57. Hasil data menunjukkan bahwa LKPD valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran serta efisien digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:52
Last Modified: 22 Apr 2021 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31212

Actions (login required)

View Item View Item