Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Peta konsep Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA pada Materi Fluida

Olivia, Olivia (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Peta konsep Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI SMA pada Materi Fluida. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_OLIVIA_16033025_925_2021.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi kreatif, aktif serta mandiri. Hal ini dapat tercapai apabila adanya bahan ajar yang mampu meningkatkan keaktifan, kekreatifan serta kemandirian peserta didik. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa belum tersedianya bahan ajar yang dapat meningkatkan kekreatifan peserta didik. Pada umumnya bahan ajar yang ada disekolah berupa buku paket dan belum menyajikan bahan ajar berbantuan peta konsep. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis peta konsep menggunakan model Problem Based Learning pada materi Fluida untuk kelas 11 sekolah menengah atas atau sederajat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagrajan. Pada penelitian ini akan dibatasi sampai tahap develop, sehingga hanya melalui 3 tahapan yaitu define, design, dan develop. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah LKPD berbasis peta konsep dengan model problem based learning . Data yang didapatkan dari penelitian ini berasal dari uji validitas melalui lembar validitas. Lembar validitas berisi empat komponen yang dinilai oleh tiga validator. Data yang didapatkan dari para validator diolah menggunakan persamaan moment kappa (k), dan di dapatkan hasil 0,73 yang didapatkan nilai dengan kategori tinggi. Ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis peta konsep dengan model problem based learning pada materi fluida adalah valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:22
Last Modified: 15 Apr 2021 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31045

Actions (login required)

View Item View Item