Students’ Difficulties in Comprehending Hortatory Exposition Text at SMA N 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat

Safitri, Niken (2020) Students’ Difficulties in Comprehending Hortatory Exposition Text at SMA N 1 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NIKEN_SAFITRI_16018023_3952_2020.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Siswa SMAN 1 Luhak Nan Duo mengalami kesulitan dalam memahami teks hortatory. Ini dapat dilihat dari hasil tes harian siswa, dan juga dari wawancara dengan guru bahasa inggris. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan kesulitan siswa dalam memahami teks hortatory exposisi di SMA N 1 Luhak Nan Duo. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat tiga di SMA N 1 Luhak Nan Duo. Dari 270 jumlah siswa, 20% dari mereka di pilih untuk menjadi sampel dengan menggunakan test reading dan interview. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 162 total semua frekuensi untuk tiap indikator, percentasi tertinggipertama jawaban yang salah yang dibuat oleh siswa adalah dalam mengidentifikasi ciri kebahasaan (language feature). Ada 96 total jawaban salah dengan persentasi 59,26% dari ciri kebahasaan (language feature). Persentasi tertinggi yang kedua jawaban yang salah yang dibuat oleh siswa adalah dalam mengidentifikasi pernyataan sederhana (thesis statement). Ada 76 total jawaban salah dengan persentasi 49,61% dari pernyataan sederhana (thesis statement). Lalu, persentasi tertinggi ketiga adalah dalam mengidentifikasi pertanyaan argumentasi, persentasi tertinggi keempat adalah dalam mengidentifikasi pertanyaan recommendation, dan persentasi tertinggi terakhir adalah dalam mengidentifikasi pertanyaan tesis. Selanjutnya, berkaitan dengan factor penyebab kesulitan, itu berdasarkan factor bahasanya bahwa siswa kesulitan dalam memahami kalimat yang panjang dalam teks, siswa kesulitan dalam memahami kosakata dalam teks, dan factor yang terakhir adalah kurangnya strategi membaca. Dapat disimpulkan bahwa siswa SMAN 1 Luhak Nan Duo sulit dalam memahami teks hortatory. Itu dapat dibuktikan bahwa lebih dari 50% dari siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan dari teks hortatory. Itu disebabkan karena siswa sulit memahami teks yang panjang, sulit memahami kosakata pada teks, dan juga lemahnya dalam menggunakan strategi membaca itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Apr 2021 07:23
Last Modified: 13 Apr 2021 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/31005

Actions (login required)

View Item View Item