Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning pada Materi Penaksiran Bilangan Cacah maupun Pecahan dan Desimal di Kelas IV UPT SDN 04 Pasar Surantih

Septiarini, Rani (2020) Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning pada Materi Penaksiran Bilangan Cacah maupun Pecahan dan Desimal di Kelas IV UPT SDN 04 Pasar Surantih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_RANI_SEPTIARINI_16129211_3831_2020.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik hal ini disebabkan guru belum maksimal dalam memberikan rangsangan kepada peserta didik tentang materi pelajaran yang akan dipelajari dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengolah data atau informasi yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning pada Materi Penaksiran Bilangan Cacah maupun Pecahan dan Desimal di Kelas IV UPT SDN 04 Pasar Surantih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaan menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data berupa observasi serta tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV UPT SDN 04 Pasar Surantih yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 80% kategori baik, meningkat menjadi 95% pada siklus II dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 79,7% kategori baik, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kategori sangat baik. (3) Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 79,7% kategori baik, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil belajar peserta didik, pada siklus I nilai rata-ratanya 70 kategori cukup meningkat menjadi 89 kategori sangat baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa, model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi penaksiran bilangan cacah maupun pecahan dan desimal di kelas IV UPT SDN 04 Pasar Surantih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:50
Last Modified: 22 Mar 2021 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30688

Actions (login required)

View Item View Item