Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dengan Model Pembelajaran REACT

Yunis, Hilma (2020) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dengan Model Pembelajaran REACT. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HILMA_YUNIS_16029011_4161_2020.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran REACT. Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang rendah disebabkan karena proses pembelajaran yang belum optimal. Melalui penelitian ini diuraikan secara teoritis bagaimana model pembelajaran REACT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari, mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber yang berkaitan dengan topik yang dibahas baik dari buku teks, jurnal maupun sumber lainnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Analisis ini diperlukan untuk membahas secara mendalam mengenai peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran REACT. Kesimpulan dari studi literatur ini adalah secara teoritis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran REACT. Penerapan setiap tahapan model pembelajaran REACT dapat mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tahapan relating akan mendorong peserta didik untuk mampu memahami masalah dengan mengaitkan suatu masalah dengan pengetahuan yang dimilikinya secara mandiri. Pada tahap experiencing, peserta didik akan dituntun untuk mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri melalui kegiatan eksplorasi dan penemuan. Tahapan applying akan mendorong peserta didik untuk dapat menerapkan konsep ke dalam latihan soal yang realistik dan relevan. Pada tahap cooperating, peserta didik akan didorong untuk aktif dalam menyelesaikan masalah dengan benar, lengkap dan sisitematis secara berkelompok. Pada tahap transferring, peserta didik dituntun untuk mentransfer pengetahuan yang telah didapat ke dalam konteks lain untuk mampu menyelesaikan masalah yang lebih kompleks

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:31
Last Modified: 03 Mar 2021 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30255

Actions (login required)

View Item View Item