Rahman, Aulia (2020) Pengaruh LKPD Berbasis Saintifik pada pembelajaran Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 30 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_05_AULIA_RAHMAN_1305790_2931_2020.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Banyak usaha yang dapat dilakukan dalam upaya peningkatan hasil belajar peserta didik, salah satunya dengan penggunaan bahan ajar dan pemilihan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis saintifik pada pembelajaran model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 30 Padang. Penelitian ini tergolong quasi experimental dengan rancangan randomized control- group only design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini meliputi data hasil belajar pengetahuan dan keterampilan. Data pencapaian kompetensi pengetahuan diperoleh melalui posttest. Data pencapaian kompetensi keterampilan diperoleh melalui lembar penilaian unjuk kerja. Data pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan dianaliasis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Setelah dilakukan penelitian dan dilanjutkan dengan menganalisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis saintifik pada pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 30 Padang pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan nilai yang lebih baik pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 02:36 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 02:36 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30195 |
Actions (login required)
View Item |