Desain Four Tier Multiple Choice Test pada Materi Getaran Harmonis untuk Mengetahui Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA/MA

Guswina, Sri (2020) Desain Four Tier Multiple Choice Test pada Materi Getaran Harmonis untuk Mengetahui Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SRI_GUSWINA_16033061_3828_2020.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 revisi 2017 menuntut siswa untuk bis a memahami konsep materi yang dipelajarinya di sekolah. Miskonsepsi sering terjadi pada materi getaran harmonis, namun belum tersedia tes diagnostik miskonsepsi. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan instrumen four-tier multiple choice test untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa. Instrumen ini merupakan tes pilihan ganda empat tingkat yang dilengkapi dengan keyakinan siswa dalam memilih jawaban dan alasan jawaban. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen four-tier multiple choice test pada materi getaran harmonis dan mengetahui kelayakan instrumen tes yang dikembangkan berdasarkan validitas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menurut model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research, development or prototyping phase dan assesment phase. Instrumen tes digunakan pada tahap penelitian pendahuluan adalah tes konsep dan panduan wawancara guru, pada tahap pengembangan digunakan lembar self evaluation dan lembar validasi. Teknik analisa data menggunakan kode, analisis statistik deskriptif, dan formula V Aikens. Tahap penelitian pendahuluan diperoleh hasil bahwa kebanyakan siswa tidak memahami konsep dan sebagian lain mengalami miskonsepsi, dari basil wawancara guru, didapatkan informasi belum tersedia tes diagnostik untuk mengetahui pemahaman konsep siswa. Pada tahap pengembangan, hasil uji validasi berdasarkan uji validitas pada indikator pencapaian kompetensi, validitas isi secara rata-rata memperoleh 83% atau berada pada kategori sangat valid, validitas konstruksi secara rata-rata memperoleh nilai 77 ,50% atau berada pada kategori valid, dan validitas bahasa secara rata-rata memperoleh 80% dengan kategori valid dan sangat valid. Berdasarkan item soal, diperoleh bahwa semua item soal pada aspek validitas isi, validitas konstruksi, dan validitas bahasa berada pada kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen tes berupa soal tes berbentuk four-tier multiple choice benar-benar layak digunakan untuk mengidentifikasi permasalahn konsep siswa yang terj adi pada proses pembelaj aran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Feb 2021 06:24
Last Modified: 23 Feb 2021 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30125

Actions (login required)

View Item View Item