Efektivitas Media Daring Sebagai Referensi Belajar pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa JurusanTeknik Bangunan SMK N 1 Padang

Nafeli, Ovel Geta (2020) Efektivitas Media Daring Sebagai Referensi Belajar pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa JurusanTeknik Bangunan SMK N 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_OVEL_GETA_NAFELI_1306147_1366_2020.pdf

Download (503kB) | Preview

Abstract

Program Studi DPIB (Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan) Jurusan Teknik Bangunan SMK N 1 Padang dalam proses pembelajaran memiliki keterkaitan erat dengan media daring. Dikarenakan media daring dapat menunjang dalam menambah pengetahuan siswa. Namun kenyataannya, siswa cenderung memanfaatkan media daring untuk hiburan seperti sosial media, bermain game online, nonton film serta hal-hal negatif yang seharusnya tidak diakses oleh para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara faktual tentang seberapa efektifnya media daring sebagai referensi belajar bagi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMK N 1 Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB. Pengambilan sampel menggunakan teknik kuota sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner). Pengolahan data dilakukan dengan menentukan persentase pengkategorian responden berdasarkan indikator yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 35.85% siswa memiliki waktu penggunaan media daring dalam kategori cukup efektif, 37.74% siswa berada dalam kategori cukup efektif dalam penggunaan media daring sebagai referensi belajar, dan 47.17% siswa berada dalam kategori cukup efektif dalam menambah pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:59
Last Modified: 02 Feb 2021 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29738

Actions (login required)

View Item View Item