Pemilihan Pondasi Berdasarkan Pengujian Uji Sondir Cone Penetration Test (CPT) Di Daerah Perumahan Bungo Pasang, Koto Tangah, Kota Padang

Fikri, Muhammad (2020) Pemilihan Pondasi Berdasarkan Pengujian Uji Sondir Cone Penetration Test (CPT) Di Daerah Perumahan Bungo Pasang, Koto Tangah, Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_MUHAMMAD_FIKRI_17062045_2273_2020.pdf

Download (561kB) | Preview

Abstract

Pemilihan fondasi yang tepat memegang peranan penting dalam suatu bangunan dan fondasi harus dibuat dengan perencanaan yang matang. Karena fondasi meupakan bagian struktur yang menahan beban diatas bangunan tersebut seperti beban mati, beban hidup, dan beban angin. sehingga pemilihan pondasi seharusnya dilakukan dengan cara mengetahui kedalaman tanah keras yang disesuaikan dengan kondisi-kondisi situasi atau daerah setempat. Oleh karena itu perlu adanya penelitian dan seterusnya data ini bisa digunakan dalam pemilihan pondasi yang tepat pada daerah perumahan, salah satu contoh lokasi di Bungo Pasang Koto Tangah Kota padang. Mendapatkan data daya dukung tanah yang akurat dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui sifat dan karakteristik tanah melalui pengujian Cone Penetration Test (CPT) dan pengujian sampel tanah di laboratorium. Pegujian CPT dilaksanakan untuk memperoleh data nilai perlawanan konus. Nilai ini merupakan parameter yang digunakan dalam menginterpretasi jenis tanah dengan membandingkan hasil uji laboratorium sebagai data pendukung. Pada penelitian ini, jenis tanah yang diperoleh didominasi oleh tipe gambut. Setelah jenis tanah diketahui, maka dilakukan pengolahan data lebih lanjut untuk mengetahui daya dukung tanah. Daya dukung tanah ultimit yang didapatkan berkisar antara 56 kN/m2 yang melebihi daya dukung izin tanah yang berkisar antara 18-19 kN/m kemampuan tanah untuk memikul tekanan atau beban maksimum yang diizinkan pada pondasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Feb 2021 02:36
Last Modified: 01 Feb 2021 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29703

Actions (login required)

View Item View Item