Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Daerah lrigasi Batang Bayang, Kabupaten Pasaman Barat)

Afrimelda, Chintia (2020) Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Daerah lrigasi Batang Bayang, Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_CHINTIA_AFRIMELDA_17062023_1854_2020.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja mempakan upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat dan bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat melindungi dan menghindarkan pekerja dari kecelakaan kerja yang pada akhimya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerjanya. Kecelakaan kerja adalah sesuatu yang tidak terduga yang dapat mengakibatkan kemgian harta benda dan korban jiwa. Pembangunan Daerah Irigasi Batang Bayang, Kabupaten Pasaman Barat mempakan salah satu dari proyek irigasi dan bangunan air yang saat ini sedang dalam proses pengerj aan dengan luas area perencanaan mencapai 6500 hektar. Dalam hal lain permasalahan timbul dari keselamatan dan kesehatan kerja. Pada proyek ini masih ada para pekerja yang tidak melaksanakan peraturan keselamatan dan kesehatan kerja seperti tidak memakai alat pelindung diri pada saat bekerja dilapangan, sedangkan keselamatan dan kesehatan kerja pada proyek sangat diperhatikan agar pekerja tidak mengalami kecelakaan. Hal ini perlu diperhatikan oleh bagian Health Safety and Environment (HSE) Proyek Pembangunan Daerah Irigasi Batang Bayang, Kabupaten Pasaman Barat. Dari hasil olah data dengan menggunakan kuesioner didapatkan rata-rata sebanyak 79,5% mengenai ketaatan pekerja tentang penerapan keselamatan dan kesehatan kerja. Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada proyek ini tergolong cukup baik, walaupun ada di beberapa titik pekerja yang melanggar aturan. Hal ini bisa kita lihat dari pekerj a yang mematuhi peraturan keselamatan dan kesehatan kerj a di semua tempat khususnya di tempat yang rawan kecelakaan sedangkan Hasil rata-rata yang didapatkan mengenai ketersediaan alat pelindung diri dan sarana lainnya adalah 91, 1 %. Pemsahaan sudah sangat baik dalam menyediaakan alat pelindung diri untuk para pekerja maupun staf lainnya, akan tetapi pekerjanya saja yang tidak menggunakan dan memanfaatkan sesuai fungsinya di lapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:13
Last Modified: 28 Jan 2021 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29650

Actions (login required)

View Item View Item