Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Padang.

Rahmadani, Cici (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_CICI_RAHMADANI_150299028_604_2020.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun, kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 8 Padang masih rendah, terlihat dari belum mampunya peserta didik mencapai indikator komunikasi yang di harapkan. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih terpusat kepada guru dan juga peserta didik belum terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga interaksi di dalam kelas belum optimal. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square agar peserta didik dapat mengkomunikasikan gagasannya secara baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 8 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Kelas VIII.4 terpilih sebagai kelas eksperimen, kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh P-value=0,047 kurang dari a = 0,05 karena P-value <a maka Ho ditolak. Sehingga kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square lebih baik dari pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:41
Last Modified: 05 Apr 2021 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29463

Actions (login required)

View Item View Item