Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan. (Studi Kasus: JI. M. Yamin di Depan Kantor Polresta sampai di Depan Balai Kota Lama, Kota Padang)

Dandi, Febrian (2021) Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan. (Studi Kasus: JI. M. Yamin di Depan Kantor Polresta sampai di Depan Balai Kota Lama, Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FEBRIAN_DANDI_17062032_3128_2021.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Parkir di badan jalan merupakan hambatan samping yang dapat mempengaruhi stabilitas penggunaan j alan yang dapat mengakibatkan tundaan hingga kemacetan. J alan M. Yamin adalah salah satu j alan di Kota Padang yang ramai dikunjungi karena pada kawasan ini terdapat beberapa fasili tas umum seperti, Pasar Raya, Kantor Polresta, Kantor Balai Kota lama, Taman Imam Bonjol. Kondisi jalan M. Yamin yang pada badannya terdapat tempat parkir bisa menyebabkan terjadinya penurunan tingkat pelayanan jalan. Oleh karena itu perlu adanya tinjauan lebih lanjut mengenai pengaruh parkir di badan jalan terhadap tingkat pelayanan jalan di Jalan M. Yamin Kota Padang. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh volume parkir mobil pada badan Jalan M. Yamin tertinggi sebanyak 361 kendaraan dan volume parkir sepeda motor 153 kendaraan dengan indeks parkir mobil rata-rata sebesar 0,8 dan dapat menampung 95 SRP dan indek parkir rata-rata sepeda motor 1, 13 yang membutuhkan SRP 230 kendaraan. Akumulasi parkir mobil tertinggi sebanyak 84 kendaraan dan akumulasi parkir sepeda motor 22 kendaraan. Indek parkir mobil rata-rata 0,8 dan 1,13 pada parkir sepeda motor Jalan M. Yamin tidak memadai untuk menampung kendaraan yang parkir. Pada kasus yang ditemukan di Jalan M. Yamin ini, parkir mempengaruhi fungsi jalan hingga terjadi tundaan yang membuat laju lalu lintas tidak stabil dan ketertiban masyarakat dalam memarkir kendaraan dikedua sisi badan jalan juga mempengaruhi penurunan kapasitas jalan tersebut. Kapasitas jalan saat ada parkir sebesar 3381 smp/jam dan saat tidak ada parkir 3769 smp/jam sehingga terdapat penurunan kapasitas jalan sebesar 388 smp/jam jika ada parkir di badan jalan. Data ini menjelaskan dengan adanya parkir di badan jalan akan mempengaruhi kapasitas jalan dan akan menyebabkan tundaan hingga kemacetan oleh penyempitan jalan. Merujuk pada hasil pengolahan data indek parkir dan kapasitas jalan serta tidak adanya lahan parkir yang disediakan untuk kendaraan sepeda motor dapan diasumsikan adanya penurunan pada tingkat pelayananjalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:23
Last Modified: 19 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29351

Actions (login required)

View Item View Item