Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keinovasian Siswa SMK di Sumatera Barat

Marwan, Marwan and Muchtar, Bustari (2018) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keinovasian Siswa SMK di Sumatera Barat. Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_509_lapakh_LaporanKemajuanPenelitianTimPascasarjanaMarwan.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Kewirausahaan merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum SMK. Salah satu tujuan dari mata pelajaran ini adalah mempersiapkan siswa menjadi entrepreneur yang mampu menghasilkan produk-produk yang inovatif. Namun dalam kenyataannya masih belum banyak produk inovatif yang dihasilkan oleh siswa SMK yang salah satu penyebabnya diduga terkait dengan kemampuan inovasi atau keinovasian yang dimiliki oleh siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor siswa, guru, lingkungan, dan kualitas pembelajaran kewirausahaan terhadap keinovasian siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XII SMK yang ada di Sumatera Barat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equational Modelling (SEM). Sampai Minggu pertama Oktober 2018, penelitian ini masih dalam proses. Namun berdasarkan dari dari 387 orang responden siswa SMK Bisnis Manajemen Kota Padang ditemukan bahwa dua faktor siswa yaitu motivasi belajar kewirausahaan dan kreativitas siswa masuk dalam kategori baik. Selanjutnya faktor guru berupa peran guru dalam pembelajaran kewirausahaan pada SMK Bisnis dan Manajemen di Kota Padang juga masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis jalur yang dilakukan oleh mahasiswa yang menjadi bagian dari penelitian payung dan telah diwisuda pada wisuda UNP periode September 2018, diketahui bahwa (1) Peran guru berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi belajar. (2) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap Kreativitas siswa. (3) Peran guru berpengaruh secara signifikan terhadap Kreativitas siswa. (4) Motivasi Belajar berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar. (5) Kreativitas siswa berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar. Hasil penelitian tersebut diatas akan dilanjutkan dengan pengumpulan dan penggabungan dengan data-data lain dari variable dan responden kota/kabupaten lain guna memperoleh hasil penelitian yang komprehensif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:53
Last Modified: 04 Dec 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28977

Actions (login required)

View Item View Item