Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Aplikasi Compro terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi

Rudiansyah, Rudiansyah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Aplikasi Compro terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RUDIANSYAH_15004048_2444_2020.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan permasalahan pada pembelajaran kewirausahaan dimana proses belajar mengajar masih berfokus terhadap konsep materi, guru banyak yang belum optimal dalam mendorong siswa ke arah pembentukan karakter kewirausahaan. Siswa juga enggan untuk bertanya dan lebih cenderung untuk menerima pembelajaran dari guru sehingga siswa hanya terfokus terhadap materi, praktek produksi tanpa memaknai arti dari kewirausahaan itu sendiri. Penelitian ini dilakukan bertujuan agar mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi compro terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Bukittinggi semester genap tahun ajaran 2019/2020. Model penelitian yang dipakai adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah yang disebut dengan Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi compro. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Bukittinggi, dengan jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 2 Kota Bukittinggi yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 503 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, sehingga ditetapkan siswa kelas X Pemasaran 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Pemasaran 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes hasil belajar dengan tipe pilihan ganda. Subjek yang ingin diamati oleh peneliti sesuai dengan hasil subjek yang muncul dan data tersebut diolah dengan menggunakan uji hipotesis (t-test) Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh tersebut rata-rata kelas kontrol yang menggunakan model konvensional adalah 51,3 dan standar deviasi (SD) sebesar 7,70, sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen menggunakan model PBL adalah 44.08 dan standar deviasi (SD) sebesar 9,63. Untuk Uji normalitas didapat hasil perhitungan liliefors diperoleh nilai kelas ekeperimen dibawah angka 0,173 untuk α 0,05. Dengan demikian, nilai kelas eksperimen berasal dari data yang berdistribusi normal. Untuk Uji hipotesis (t-test) diperoleh thitung > t tabel yaitu 3,17 > 1.6706 pada taraf α 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan aplikasi compro berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X di SMK Negeri 2 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:10
Last Modified: 22 Oct 2020 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28582

Actions (login required)

View Item View Item