Pengembangan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Autorun Pro Enterprice II pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP

Husnah, Khasnul (2020) Pengembangan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Autorun Pro Enterprice II pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_KHASNUL_HUSNAH_16004110_2787_2020.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran PAI kelas VIII tingkat SMP, masih kurangnya penggunaan media pembelajaran kegiatan lebih terfokus pada guru sebagai sumber utama, dan peminjaman buku paket dari pustaka siswa hanya mencatat dan mendengarkan guru di kelas. Pengembangan multimedia interaktif menggunakan aplikasi Autorun Pro Enterprice II dapat membantu siswa dalam memahami pesan materi pembelajaran yang mandiri dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kelayakan media, materi dan praktis pada kelas VIII di SMP Negeri 7 Pariaman. Jenis penelitian ininadalah penelitian pengembangannyang dikenal dengan istilah Research & Development (R & D). Berdasarkan hasil penilaian ketepatan materi dari guru mata pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Pariaman dan ahlicmedia yaitu dosen jurusan Kurikulum dan Tenologi Pendidikan UNP yakni, terdapat penilaian validasi materi oleh guru mata pelajaran dengan kesesuaian materi memperoleh rata-rata dari validator sejumlah 3,66 dengan nilai validitas 91,6% dengan kaegori “sangat valid”. hasil validasi media terdapat dua validator yang dilakukan dengan kategori valid dan aspek media memperoleh nilai dari validator I sebesar 3,92 dengan nilai validitas 98,0 dan validator II sebesar 3,84 dengan nilai validitas 96,1 dengan kategori valid. Aspek media memperoleh presentase dari validator sebesar 97,5%. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sudah dikriteriakan “sangat valid” Analisis praktikalitas dari instrumen dengan angket respon siswa SMPN 7 Pariaman berkaitan dengan kepraktisan penggunaan media pembelajaran yang telah dibuat memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,9. Sehingga dapat diketahui hasil dari praktikalitas penelitian yang dilaksanakan di SMPN 7 Pariaman memiliki kategori ”sangat praktis” dengan nilai praktikalitas 97,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Oct 2020 06:54
Last Modified: 13 Oct 2020 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28482

Actions (login required)

View Item View Item