Hubungan Kesiapan Siswa Menghadapi Ujian dengan Perilaku Negatif Ujian

susanti, Fitria (2019) Hubungan Kesiapan Siswa Menghadapi Ujian dengan Perilaku Negatif Ujian. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FITRIA_SUSANTI_15006039_4624_2019.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Kesiapan menghadapi ujian adalah keadaan siap pada diri siswa baik kesiapan fisik, psikis maupun kesiapan alat tulis dan materi untuk menghadapi ujian. Siswa yang siap secara fisik, psikis maupun alat tulis dan materi ujian maka perilaku ujiannya akan baik. Perilaku negatif ujian yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kegiatan yang melanggar nilai-nilai kejujuran/berbuat curang dan melanggar peraturan sekolah untuk memperoleh keuntungan serta keberhasilan dalam proses akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan siswa menghadapi ujian dan perilaku negatif ujian serta mencari hubungan antara kesiapan siswa menghadapi ujian dengan perilaku negatif ujian. Kesiapan siswa menghadapi ujian antara lain berupa: a) kesiapan fisik, b) kesiapan psikologis, c) kesiapan alat tulis dan materi ujian. Perilaku negatif ujian siswa antara lain: a) individual opportunistic (berlaku curang saat ujian ketika ada kesempatan) b) independent-planned(mempersiapkan contekan, strategi atau cara untuk berlaku curang saat ujian) c)social-active (mengizinkan orang lain untuk melihat atau menyalin jawaban ujian) d) social-passive (melihat atau menyalin jawaban ujian orang lain) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Metode penelitian ini digunakan untuk menentukan subungan antara kesiapan siswa menghadapi ujian dengan perilaku negatif ujian. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI, VIII, dan IX di SMP Negeri 13 Padang yang berjumlah 272 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen (angket) dan data analisis menggunakan metode korelasional. Temuan penelitian mengungkapkan secara keseluruhan kesiapan siswa menghadapi ujian tergolong baik, dapat dilihat dengan rinci sebagai berikut ini, (1) kesiapan fisik siswa untuk menghadapi ujian berada pada kategori baik (2) kesiapan psikologis siswa untuk menghadapi ujian berada pada kategori sangat baik (3) kesiapan alat tulis dan materi ujian berada pada kategori baik. Sedangkan temuan penelitian mengungkapkan secara keseluruhan perilaku ujian tergolong sangat baik, dapat dilihat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Sep 2020 07:44
Last Modified: 01 Sep 2020 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28160

Actions (login required)

View Item View Item