Pengaruh Pendekatan Latihan Konvensional, Small Sided Games dan Motivasi Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Pemain SSB UIR Pekanbaru

Yunefri, Mayzen (2019) Pengaruh Pendekatan Latihan Konvensional, Small Sided Games dan Motivasi Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Pada Pemain SSB UIR Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MAYZEN_YUNEFRI_16199094_2411_2019.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dilapangan terlihat bahwa kurang bermaterinya pendekatan latihan dalam menerapkan pembelajaran menggiring bola. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan model latihan dan tingkat motivasi terhadap keterampilan menggiring bola pada pemain SSB UIR Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, populasi penelitian ini seluruh pemain sepakbola pada SSB UIR tahun 2017/2018 yang berjumlah 75 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang pemain sepakbola SSB UIR Pekanbaru setelah dilakukan pembagian kelompok (75x27=20%) tingkat motivasi latihan tinggi dan (75x27%=20) tingkat motivasi latihan rendah. Instrument yang digunakan adalah Test Menggiring Bola dan angket motivasi skala liker. Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tuckey. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Secara keseluruhan Pendekatan latihan konvensional lebih baik dari pada pendekatan latihan small side game terhadap keterampilan menggiring bola pemain SSB UIR Pekanbaru. (2) Terdapat interaksi antara pendekatan latihan konvensional dan pendekatan latihan Small-sided games dengan motivasi terhadap keterampilan menggiring bola pemain SSB UIR Pekanbaru. (3) Pada motivasi latihan kategori tinggi pendekatan latihan konvensional lebih baik dari pada pendekatan latihan Small-sided games terhadap keterampilan menggiring bola pemain SSB UIR Pekanbaru. (4) Pada motivasi latihan kategori rendah pendekatan latihan Small-sided games lebih baik dari pada pendekatan latihan konvensional terhadap keterampilan menggiring bola pemain SSB UIR Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jul 2020 07:41
Last Modified: 17 Jul 2020 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27714

Actions (login required)

View Item View Item