Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Keterampilan Membuat Rok Bagi Siswa Tunarungu (Pre-experimental Design di SLB Perwari Padang)"

Dina, Firma (2020) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Keterampilan Membuat Rok Bagi Siswa Tunarungu (Pre-experimental Design di SLB Perwari Padang)". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FIRMA_DINA_15008045_1267_2020.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini muncul dari masalah yang ditemui penulis dilapangan pada siswa tunarungu kelas X di SLB Perwari, dimana siswa di kelas tersebut yang berjumlah lima orang diketahui belum menguasai salah satu materi dari pembelajaran keterampilan yaitu membuat rok, seperti bagaimana membuat rok mulai dari tahap persiapan hingga penyelesaian, salah satu alasannya adalah guru belum menemukan dan menggunakan metode yang sesuai untuk memberikan pembelajaran keterampilan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental dan jenis one group pre-test post-test, dimana penelitian akan dilakukan pada satu kelompok tanpa menggunakan pelompok pembanding, dipenelitian ini penulis ingin membuktikan efektivitas sebuah metode pembelajaran, yaitu metode pembelajaran berbasis proyek, apakah metode tersebut efektif dalam keterampilan membuat rok bagi siswa tunarungu. Instrumen penelitian yang akan digunakan untuk pengumpulan data diuji validitas dan reabilitasnya, kemudian barn dilanjutkan pada tahap penelitian dimulai dari tes awal (pre-test) untuk melihat kemampuan awal, kemudian tahap pemberian perlakuan (treatment), dan tahap tes akhir (post-test) untuk menilai kemapuan setelah diberikan perlakuan, nilai dari hasil tes awal dan tes akhir tersebut kemudian diolah dengan uji wilcoxon (wilcoxon signed ranks test) meggunakan aplikasi SPPSS16, dan diperolehlah hasil dimana probabilitas atau Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,043 dan taraf signifikan 0,05 sehingga dengan perbandingan 0,043 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek efektif dalam keterampilan membuat rok bagi siswa tunarungu kelas X di SLB Perwari Padang. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, rok, siswa tunarungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:30
Last Modified: 16 Jun 2020 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26985

Actions (login required)

View Item View Item