Identifikasi Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Ikatan Kimia pada Siswa Kelas X MIA 3 di SMAN 16 Padang.

Santoso, Mugi (2019) Identifikasi Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Ikatan Kimia pada Siswa Kelas X MIA 3 di SMAN 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MUGI_SANTOSO_14035027_881_2019.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian identifikasi pemahaman siswa terhadap konsep ikatan kimia pada siswa kelas X MIA 3 di SMAN 16 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan penyebab berbedanya tingkat pemahaman siswa ditinjau dari cara belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA 3 di SMAN 16 Padang. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sumpling, dikarenakan persentase ketidaktuntasan tertinggi siswa pada materi ikatan kimia berada pada kelas ini. Instrumen penelitian yang digunakan selama penelitian berupa tes diagnostik three-tier multiple choice dan angket cara belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan 10,01% siswa paham konsep, 49,80% tidak paham, 37,86% mengalami miskonsepsi dan 0,48% error. Dapat disimpulkan pemahaman siswa pada materi ikatan kimia di kelas X MIA 3 diakategorikan gagal, karena persentase siswa yang paham konsep hanya 10,01% berada di bawah 30%-45%. Berbedanya tingkat pemahaman konsep siswa pada materi ikatan kimia disebabkan kurang terlaksannya indikator mengulangi materi pelajaran serta indikator membuat jadwal dan pelaksanaan. KataKunci: Three-Tier Multiple Choice, Pemahaman Konsep, Ikatan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:24
Last Modified: 16 Mar 2020 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26109

Actions (login required)

View Item View Item