Pengembangan Modul Sifat Koligatif Larutan Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMA/MA.

Andesta, Fitria Marni (2019) Pengembangan Modul Sifat Koligatif Larutan Berbasis Problem Based Learning untuk Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ FITRIA_MARNI_ANDESTA_14035024_840_2019.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Sifat koligatif larutan merupakan materi yang berisi konsep abstrak yang membuat banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep, sehingga sering terjadinya miskonsepsi. Siswa akan mudah memahami konsep apabila dibimbing untuk membangun pengetahuannya dengan cara penemuan konsep sendiri dan menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempelajari materi sifat koligatif larutan sesuai karakterisik materinya adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan menentukan kategori validitas dan praktikalitas dari modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D, yaitu penelitian yang menghasilkan produk tertentu. Model 4-D terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop dan (4) Disseminate. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi dan praktikalitas. Teknik mengumpulan data dengan cara penyebaran angket dan data hasil penelitian dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil analisis angket validitas diperoleh nilai momen kappa sebesar 0,81 dengan kategori sangat tinggi dan hasil analisis angket praktikalitas dari respon guru dan siswa berturut-turut sebesar 0,86 dengan kategori sangat tinggi dan 0,77 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, modul sifat koligatif larutan berbasis Problem Based Learning untuk siswa kelas XII SMA/MA yang dihasilkan telah valid dan praktis. Kata kunci: sifat koligatif larutan, problem based learning, modul, model 4-D, research and development (R&D).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26075

Actions (login required)

View Item View Item