Pengembangan Bahan Ajar Tematik Menggunakan Model Project Based Lerning di Kelas IV Sekolah Dasar

Syafrijal, Syafrijal (2019) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Menggunakan Model Project Based Lerning di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SYAFRIJAL_17124122_4454_2019.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang melaksanakan kegiatan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar dan menghasilkan bahan ajar tematik dengan model Project Based Leming (PJBL) untuk siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Penelitian ini di lakukan di SDN 02 Gunung Sarik. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD. Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi RPP dan bahan ajar. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan siswa. Keefektifan dilihat dari aktivitas, dan basil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis berdasarkan basil penelitian. Berdasarkan uji validitas, diperoleh data bahwa RPP dan bahan ajar dari validator ahli dan validator praktisi dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan penilaian respon siswa dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas terhadap penilaian aktivitas siswa dengan kategori aktif dan penilaian basil belajar memperoleh persentase ketuntasan basil di atas KKM. Berdasarkan basil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik dengan model Project Based Leming (PJBL) untuk siswa kelas IV SD sudah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:32
Last Modified: 05 Apr 2021 00:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25952

Actions (login required)

View Item View Item