Pemanfaatan Lingkungan Alam sebagai Somber Belajar oleh Guru Geografi di SMA N 3 Padang Panjang (Studi Kasus pada Pembelajaran Geografi Kelas XI Semester I )

Marito, Jamila (2019) Pemanfaatan Lingkungan Alam sebagai Somber Belajar oleh Guru Geografi di SMA N 3 Padang Panjang (Studi Kasus pada Pembelajaran Geografi Kelas XI Semester I ). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_JAMILA_MARITO_15045022_5290_2019.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar oleh guru geografi di SMAN 3 Kota Padang Panjang pada pembelajaran kelas XI semester I tentang ketersediaan dan relevansinya dengan KD kelas XI semester I, hambatan dan upaya guru geografi kedepannya dalam memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada kelas XI semester I. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru geografi SMAN 3 Padang Panjang. Jumlah informan diperoleh 2 orang guru geografi kelas XI dan informan pelengkap. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menemukan bahwa : Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar oleh Guru Geografi Kelas XI semester I di SMA Negeri 3 Padang Panjang. (1) Ketersediaan lingkungan alam sebagai sumber belajar berupa lembah anai, batang anai, bukit-bukit, hutan, tumbuhan, tanah, hewan, energy matahari, dan angin relevan dengan KD kelas XI semester I; (2) Lingkungan alam sebagai sumber belajar yang tersedia disekitar wilayah Kota Padang Panjang belum dimanfaatkan oleh guru geografi kelas XI semester I; (3) Hambatan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar berupa terbatasnya waktu jam pelajaran, akses, biaya, dan tim guru dalam membantu untuk mengkoordinir siswa ; (4) Upaya kedepannya dalam pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar oleh guru geografi kelas XI semester I berupa memprogramkan pembelajaran diluar sekolah pada waktu libur, berkolaborasi dengan mata pelajaran lain agar guru yang mengawasi peserta didik seimbang jumlahnya, dan membawa siswa fill trip kedaerah-daerah terdekat dan disesuaikan dengan materi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:14
Last Modified: 04 Mar 2020 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25638

Actions (login required)

View Item View Item