Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV MI no.42/e3 Semerap Kabupaten Kerinci

Al An Sori, Muhammad Redho (2019) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV MI no.42/e3 Semerap Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_MUHAMMAD_ REDHO_ AL AN SORI_14129181_6095_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di lapangan, yaitu guru memberikan pembelajaran menggunakan metode ceramah sehingga siswa hanya mendengarkan penjelasan guru. disamping itu, guru tidak memotivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 2 dan subtema 3 menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV MI no.41/e3 Semerap Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah Guru dan siswa kelas IV dilaksanakan dua siklus. Data penelitian berupa Tes tulis dan hasil pengamatan dari semua tindakan. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil Pengamatan rancangan pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh skor 82% (B), siklus II diperoleh skor 90,90% (A). Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh skor 78% (B), siklus II meningkat menjadi 92,5% (A) dan aktivitas siswa siklus I diperoleh skor 70% (C), siklus II meningkat menjadi 90% (A). Hasil belajar siswa siklus I diperoleh skor 66,4 (C), siklus II meningkat menjadi 87 (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model pempelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 2dan subtema 3 di kelas IV MI no.42/e3 Semerap Kabupaten Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:23
Last Modified: 06 Feb 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item