Pembuatan LKPD Bebasis Model Learning Cycle 7E pada Materi Hukum Newton tentang Gerak, Usaha dan Energi untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA".

Andrizal, Andrizal (2019) Pembuatan LKPD Bebasis Model Learning Cycle 7E pada Materi Hukum Newton tentang Gerak, Usaha dan Energi untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ANDRIZAL_1301648_5623_2019.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada banyaknya kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran, diantaranya guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, kurangnya penggunaan LKPD, kurang terlaksananya kegiatan praktikum, nilai keterampilan diganti dengan tugas makalah dan pemberian soal-soal sehingga kompetensi keterampilan peserta didik kurang berkembang, bahan ajar yang digunakan kurang menarik perhatian peserta didik dan tidak memuat langkah-langkah kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis model Learning Cycle 7E yang diuji tingkat validitasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Metode penelitian R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Prosedur penelitian ini terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Validasi desain produk dilakukan oleh tiga orang dosen ahli. Komponen yang dinilai yaitu kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis uji validitas LKPD. Hasil nilai validasi LKPD berbasis model Learning Cycle 7E keempat komponen yaitu, kelayakan isi didapatkan nilai sebesar 84,72%, kebahasaan didapatkan nilai sebesar 83,33%, penyajian didapatkan nilai sebesar 83,33% dan kegrafisan didapatkan nilai sebesar 83,33%. Dari hasil tersebut didapatkan nilai rata-rata validasi oleh tenaga ahli adalah sebesar 83,67%. Secara keseluruhan LKPD berbasis model Learning Cycle 7E berada pada kategori sangat valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:12
Last Modified: 24 Jan 2020 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24845

Actions (login required)

View Item View Item