Aulia, Sherly Fatika (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPSq) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_1_SHERLY_FATIKA_AULIA_15029117_3202_2019.pdf Download (309kB) | Preview |
Abstract
Komunikasi matematis merupakan salah satu yang diperlukan dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataan di lapangan ditemukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Padang masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa penyebabnya adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mampu memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dengan baik. Solusi yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Ramdomized Only Control Group Design. Pembuktian hipotesis penelitian dengan uji t. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata = 0,05 diperoleh p value = 0,011 maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Think Pair Square, kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 01:40 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 01:40 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24010 |
Actions (login required)
View Item |