Penerapan Standar Operasional Prosedur Check-in Tamu Group Oleh Receptionist di Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta

Desmawati, Desmawati (2019) Penerapan Standar Operasional Prosedur Check-in Tamu Group Oleh Receptionist di Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DESMAWATI_17215004_2813-2019.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penulisan proyek akhir ini berawal dari wawancara singkat penulis dengan beberapa staff receptionist di front office mengenai penerapan standar operasional prosedur check-in tamu group oleh receptionist di Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta masih kurang baik, karena masih terdapatnya staff receptionist front office belum melaksanakan standar operasional prosedur hotel. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan standar operasional prosedur check-in tamu group oleh receptionist di Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif data kualitatif. J enis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 3 januari 2019-30 april 2019. Sumber data adalah 1 orang dept head front office dan 3 orang resepsionis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif Hasil penulisan proyek akhir ini menunjukkan bahwa standar operasional prosedur check-in tamu group di Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta adalah 1) Menyiapkan amplop yang berisi kartu Registration Form, welcome drink, meal cupon-brealifast dan luggage tag, masih ada 2 orang receptionist tidak melaksanakan dengan baik. 2) check-in tamu group dalam Menghubungi assistant manager/resident untuk menyambut kedatangan tamu selalu diterapkan oleh receptionist. 3) mengkonfirmasikan dengan petugas f&b untuk menyiapkan minuman welcome drinks belum terlaksana dengan baik. 4) Menyambut tamu pada tempat yang ditentukan sudah diterapkan oleh receptionist. 5) Mengkonfirmasi dengan pimpinan rombongan tentang kesepakatan sudah dilakukan dengan baik dan benar. 6) Meminta pimpinan rombongan untuk menyampaikan informasi kepada peserta sudah dilaksanakan dengan baik. 7) Menjelaskan peraturan tata tertib yang berlaku sudah dilakukan oleh receptionist dengan SOP yang ditetapkan di Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta. 8) Menyampaikan informasi penting baik pihak hotel maupun biro perjalanan sudah dilakukan dengan baik dan benar. 9) Memasukan data-data kartu registrasi pada sistem belum terlaksana dengan baik dan benar Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur, Check-in Tamu Group, Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:55
Last Modified: 22 Oct 2019 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23734

Actions (login required)

View Item View Item