Peramalan Harga Saham Berdasarkan Volume dengan Menggunakan Metode Theil (Studi Kasus pada Data Trading Activities PT. BCA Tahun 2017)

Aisyah, Arshie Nur (2018) Peramalan Harga Saham Berdasarkan Volume dengan Menggunakan Metode Theil (Studi Kasus pada Data Trading Activities PT. BCA Tahun 2017). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ARSHIE_NUR_AISYAH_14030001_3954_2018.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Bank BCA merupakan salah satu perusahaan perbankan yang sahamnya banyak diminati oleh investor. Harga saham BCA setiap saat mengelami fluktuasi dimana setiap saat mengalami penurunan dan kenaikan yang diiringi oleh pergerakan volume saham. Keterkaitan antara volume dan harga saham dijadikan sebagai acuan oleh para investor dalam melakukan transaksi jual maupun beli saham. Tetapi banyak diantara investor pemula yang tidak mengetahui keterkaitan antara volume dan harga saham, sehingga mengakibatkan kekeliruan dalam melakukan transaksi saham. Sehingga dilakukan penelitian guna meramalkan harga saham berdasarkan volume dengan menggunakan metode Theil pada data Trading Activities PT. BCA Tahun 2017 untuk mencocokan garis regresinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk model ramalan harga saham berdasarkan volume dengan menggunakan metode Theil pada data trading activities PT. BCA tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan merupakan data sekunder, yaitu data Trading Activities PT. BCA Tahun 2017 dalam Bursa Efek Indonesia.Volume sebagai peubah bebas x dan harga saham sebagai peubah terikat y. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Theil. Penelitian ini menghasilkan model ramalan, yaitu: . Berdasarkan model yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa setiap pertambahan 1 Thous.sp volume akan mengakibatkan kenaikan harga saham sebesar Rp. 17.20907 milyar. Selang Kepercayaan koefisien kemiringan, 95% akan berada pada . Koefisien determinasi model yaitu . Hal ini menyatakan bahwa 99.53% harga saham dapat dijelaskan oleh volume sedangkan sisanya dipengaruhi oleh peubah lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Sep 2019 00:54
Last Modified: 16 Sep 2019 00:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23183

Actions (login required)

View Item View Item