Pengaruh Bioaugmentasi Isolat Alcaligenes Sp.2 dan Bacillus Sp2. terhadap Penurunan Total Petroleum Hidrokarbon (TPH) pada Tanah Tercemar Oli Bekas

Afni, Nur (2019) Pengaruh Bioaugmentasi Isolat Alcaligenes Sp.2 dan Bacillus Sp2. terhadap Penurunan Total Petroleum Hidrokarbon (TPH) pada Tanah Tercemar Oli Bekas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Nur_Afni_15032036_1771_2019.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Oli bekas merupakan salah satu produk turunan minyak bumi yang mengandung hidrokarbon terutama Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) yang berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup jika dibuang begitu saja ke tanah, sehingga perlu dilakukan tindakan pengolahan yang tepat untuk memperbaiki tanah yang telah terkontaminasi. Salah satunya dengan bioremediasi dengan teknik bioaugmentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya pengaruh jenis bakteri dan frekuensi bioaugmentasi, setra interaksi antara jenis bakteri dan frekuensi bioaugmentasi terhadap Total Pertoleum Hidrokarbon (TPH) pada tanah tercemar oli bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) Faktorial dengan dua faktor yaitu jenis bakteri (faktor a) dan frekuensi bioaugmentasi (faktor b). penelitian ini terdiri dari delapan belas perlakuan dengan dua ulangan. Jenis bakteri yang digunakan dalam penelitian adalah isolat tunggal Alcaligenes sp.2, Bacillus sp.2, dan konsorsium Alcaligenes sp.2 dan Bacillus sp.2. Frekuensi bioaugmentasi yang diberikan adalah Bl ,B2,B3,B4,B5, dan B6. Pengamatan dilakukan selama 42 hari. Parameter yang diamati adalah Total Petroleum Hidrokarbon (TPH). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis bakteri dan frekuensi bioaugmentasi berpengaruh terhadap penurunan TPH tanah tercemar oli bekas. Pada uji ANOVA diketahui pengaruh jenis bakteri, frekuensi bioaugmentasi dan interaksi jenis bakteri dan frekuensi bioaugmentasi berbeda nyata pada taraf 5%. Uji lanjut DMNRT pada taraf 5% menunjukkan jenis bakteri dan frekuensi bioaugmentasi terbaik dalam proses degradasi hidrokarbon dengan teknik bioaugmentasi adalah isolat tunggal bakteri Alcaligenes sp.2 pada bioaugmentasi ke-enam (B6) dengan persentase degradasi TPH mencapai 61,44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Aug 2019 08:56
Last Modified: 28 Aug 2019 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22790

Actions (login required)

View Item View Item