Penerapan Video Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding

Yasri, Randa Avito and Ambiyar, Ambiyar and Mulianti, Mulianti (2019) Penerapan Video Media Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Shield Metal Arc Welding. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Research and Learning in Vocational Education, 2 (1). pp. 31-38. ISSN p-2621-3273 dan e-2621-1548

[img]
Preview
Text
document.pdf

Download (708kB) | Preview
Official URL: http://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan video sebagai media interaktif, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Populasi dan Sampel yang digunakan pada kelas XI Teknik Pengelasan sebanyak 29 orang siswa. Intrumen yang digunakan berupa video media interaktif, lembaran observasi dan tes penguasaan. Data diperoleh dari motivasi belajar yaitu presentase dan hasil belajar adalah rata-rata. Motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 50.86% dengan kriteria kurang termotivasi; siklus I pertemuan II adalah 64.22% dengan kriteria cukup termotivasi; dan pada siklus II pertemuan adalah I 73.71% dengan kriteria termotivasi; siklus II pertemuan adalah II 84.48% dengan kriteria sangat termotivasi. Hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 70,24 dan siklus II dengan rata-rata 84,37. Penggunaan video sebagai media interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Mata Pelajaran Shield Metal Arc Welding (SMAW) Kelas XI Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 23 Apr 2019 07:21
Last Modified: 23 Apr 2019 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21868

Actions (login required)

View Item View Item