Studi Komparatif Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Menggunakan LKS IPA Terpadu Bermuatan Litersi Era DigitalKelas VIII SMPN 13 Padang

Firdausy, Arinny (2018) Studi Komparatif Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Menggunakan LKS IPA Terpadu Bermuatan Litersi Era DigitalKelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Arinny_Firdausy_14033076_6306_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Pada kurikulum 2013 materi pembelajaran IPA dilaksanakan secara terpadu. Keterpaduan materi pada kurikulum 2013 mencakup pada Fisika, Kimia dan Biologi. Kenyataan yang ditemukan disekolah kondisi pembelajaran IPA belum dilaksanakan secara terpadu. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah LKS IPA terpadu tema sistem pernapasan dan ekskresi bermuatan literasi era digital. Tujuan penelitian ini adalah menentukan perbedaan kompetensi siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital kelas VIII SMPN 13 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ekperimen semu dengan rancangan Sebelum-Sesudah. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII 2 yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk aspek pengetahuan, lembaran observasi untuk aspek sikap dan penilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji statistik deskriprif dan analisis uji perbandingan berkorelasi untuk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan hasil analisis datadapat dikemukakan hasil dari penelitian ini adalah penggunaan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital memberikan perbedaan pada kompetensi siswa sebelum dan sesudah menggunakan LKS IPA Terpadu tema Kesehatan Pernapasan dan Ekskresi Kita bermuatan literasi pada kelas VIII SMPN 13 Padang dengan taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian, penggunaan LKS IPA Terpadu bermuatan literasi era digital memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi siswa mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:58
Last Modified: 18 Apr 2019 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item