Pengaruh Pemberian Cairan Fermentasi Daun Pinang (Areca catechu L.) Dan Daun Surian (Toonas sinensis ROXB.) Terhadap Luka Ikan Cupang (Betta splendens Regan.)

Miranti, Seva (2018) Pengaruh Pemberian Cairan Fermentasi Daun Pinang (Areca catechu L.) Dan Daun Surian (Toonas sinensis ROXB.) Terhadap Luka Ikan Cupang (Betta splendens Regan.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_Seva_Miranti_14032052_6277_2018.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Ikan Cupang (Betta splendens Regan.) merupakan ikan hias yang bernilai ekonomis tinggi karena keindahan warna dan naluri berkelahinya. Namun, penggemar ikan hias ini lebih menyukai ikan jantan daripada betina karena ikan jantan memiliki nilai estetika dan warna yang lebih bagus dan menarik serta memiliki profit yang lebih tinggi. Selama ini pengobatan yang digunakan selalu memanfaatkan bahan-bahan kimia seperti larutan PK, methylen blue dan melachite green. Upaya lain yang dilakukan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan menggunakan bahan alami yaitu dengan menggunakan cairan fermentasi dari daun pinang dan daun surian. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan acak lengkap dengan menggunakan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Data dianalisis menggunakan Analisis Of Varian (ANOVA) hasil berbeda nyata dilanjutkan menggunakan uji lanjut DNMRT taraf 5%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemberian cairan hasil fermentasi daun pinang (Areca catechu L.) dan daun surian (Toona sinensis ROXB.) berpengaruh terhadap penyembuhan luka pada ikan cupang (Betta splendens Regan.) dan perlakuan paling cepat dalam membantu proses penyembuhan luka yaitu pada perlakuan A3 dengan dosis 15 ml. Kata kunci: Ikan cupang (Betta splendens Regan.), penyakit ikan cupang (Betta splendens Regan.), cairan hasil fermentasi daun pinang (Areca catechu L.) dan daun surian (Toona sinensis ROXB.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:28
Last Modified: 16 Apr 2019 06:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21808

Actions (login required)

View Item View Item