Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Mind Map dalam Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester I

Mariani, Dina (2018) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Mind Map dalam Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester I. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Dina_Mariani_77518_5670_2018.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar yang membantu guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Kenyataan yang ditemukan di lapangan adalah bahan ajar yang digunakan masih kurang. Umumnya siswa menggunakan buku teks sebagai sumber belajar yang memiliki begitu banyak informasi sehingga membuat siswa bingung dan jenuh mempelajarinya. Disamping itu, siswa juga mengalami kesulitan menyimpulkan apa yang ada dalam buku teks. Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari fisika. Berdasarkan hal tersebut dibuatlah bahan ajar Menggunakan Mind Map. Bahan ajar tersebut akan diteliti dengan tujuan menghasilkan Bahan ajar Menggunakan Mind Map yang valid, dan praktis. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Sebagai objek penelitian yaitu Bahan ajar Menggunakan Mind Map pada materi fisika kelas X semester 1 SMA. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: lembar validasi tenaga ahli, lembar kepraktisan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah interpretasi data dalam grafik, analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan desain Bahan ajar Menggunakan Mind Map pada kelas X semester 1 SMA sangat valid dengan nilai validitas 4,41. Hasil uji kepraktisan dalam aspek kepraktisan penggunaannya menunjukkan bahan ajar ini praktis menurut guru fisika sebesar 89,79%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Apr 2019 08:36
Last Modified: 11 Apr 2019 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21772

Actions (login required)

View Item View Item