Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA/MTs Kelas IX Semester 2 untuk Diintegrasikan dengan Materi Tanah Longsor

Cemani, Rima (2018) Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA/MTs Kelas IX Semester 2 untuk Diintegrasikan dengan Materi Tanah Longsor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Rima_Cemani_14033018_6144_2018.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang rawan akan bencana Tanah Longsor. Untuk mengurangi dampak dari bencana tanah longsor perlu dilakukan pengurangan risiko bencana Tanah Longsor dengan menambahkan pengetahuan tentang bencana melalui pendidikan. Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi bencana Tanah longsor adalah IPA. Faktanya, dalam proses pembelajaran materi IPA belum dikaitkan dengan materi Tanah Longsor dan berdasarkan penelitian yang relevan belum ditemukan kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum. Struktur kurikulum untuk satuan pendidikan adalah pendidikan yang sesuai dengan potensi dan keunggulan daerah dan kebutuhan/tuntutan daerah. Hal inilah yang menyebabkan pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan materi Tanah Longsor cocok sekali diterapkan di Indonesia terutama daerah Sumatera Barat. Sebelum mengintegrasikan materi Tanah Longsor ke materi IPA perlu adanya analisis untuk melihat tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA yang digunakan dan analisis untuk melihat materi IPA yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi Tanah Longsor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas IX semester 2 dan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas IX semester 2 dengan materi Tanah Longsor. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas IX semester 2 yang diterbitkan di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran kelas IX semester 2 yang diterbitkan oleh tiga penerbit yang berbeda. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA/MTs kelas IX semester 2 yang diterbitkan oleh Kem adalah 80% dengan kategori sesuai, selanjutnya tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks yang diterbitkan YD adalah 76% dengan kategori sesuai dan tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum buku teks pelajaran yang diterbitkan oleh ER adalah 74% dengan kategori sesuai. Kemudian tingkat kesesuaian materi IPA kelas IX semester 2 dengan materi tanah longsor pada KD 3.6, KD 3.7 dan KD 3.8 adalah 20 % dengan kategori tidak sesuai, KD 3.9 adalah 60% dengan kategori cukup sesuai dan KD 3.10 adalah 27% dengan kategori kurang sesuai. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai analisis kebutuhan dalam penelitian pengembangan buku teks yang terintegrasi materi Tanah Longsor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Apr 2019 08:36
Last Modified: 11 Apr 2019 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21770

Actions (login required)

View Item View Item