Peranan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Dalam Meningkatkan Kesempatan Kerja Bagi Penyandang Disabilitas

Arzul, Husna Fitria (2018) Peranan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang Dalam Meningkatkan Kesempatan Kerja Bagi Penyandang Disabilitas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_Husna_Fitria_Arzul_1205803_6202_2018.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya penyandang disabilitass yang belum mempunyai pekerjaan tetap dan masih banyak perusahaan yang belum mempekerjakan penyandang disabilitas dikarenakan ketidaktahuan akan aturan-aturan ketenagakerjaan terutama bagi penyandang disabilitas. Ada 3 (tiga) tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan peranan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang dalam meningkatkan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas, (2) mengidentifikasi kendala-kendala yang ditemui dalam meningkatkan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas, (3) mengidentifikasi upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam meningkatkan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas. Jenis penilitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik snowball sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peranan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang dalam meningkatkan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas pada manajemen kebijakan masih hanya terbatas pada pemberian pelatihan keterampilan dan merekomendasikan penyandang disabilitas ke perusahaan, pada manajemen sumber daya manusia adalah pembagian kerja kepada setiap pengawas ketenagakerjaan, pada manajemen keuangan adalah penganggaran biaya sesuai dengan RAB, pada manajemen informasi dalam bentuk penyampaian informasi lowongan pekerjaan, dan pada manajemen hubungan luar belum terlaksana dengan baik karena belum ada kerjasama yang terjalin dengan penyedia lapangan pekerjaan. (2) Kendala-kendala yang ditemukan dalam upaya meningkatkan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas adalah (a) kurangnya jumlah pengawas ketenagakerjaan, (b) kesulitan mencarikan instruktur khusus tuna rungu, (c) tingkat pendidikan yang masih rendah, (d) kesadaran perusahaan akan aturan yang masih kurang. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada adalah melalui pembagian tugas secara merata kepada masing-masing pengawas, berkoordinasi dengan PPDI dan Tim Bisindo Kota Padang, memberikan pelatihan keterampilan secara rutin, dan meningkatkan sosialisasi kepada perusahaan mengenai hak untuk bekerja bagi penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Mar 2019 06:41
Last Modified: 11 Mar 2019 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/21215

Actions (login required)

View Item View Item