Pelaksanaan Pembelajaran Tutor Sebaya pada Pembelajaran Seni Musik di Kelas XI SMK Negeri 3 Padang

Hayatri, Sri Wulan (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Tutor Sebaya pada Pembelajaran Seni Musik di Kelas XI SMK Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SRI_WULAN_HAYATRI_1202852_791_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Berawal dari kenyataan yang ditemui di kelas XI SMK Negeri 3 Padang, dimana proses pembelajaran tutor sebaya belum berjalan dengan semestinya. Selain boros waktu, tidak adanya keterbukaan tutor sebaya kepada guru sehingga ia tidak mengerti dengan apa yang akan disampaikan kepada kelompok yang dipimpinnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran seni musik di SMK Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Padang, yang melaksanakan pembelajaran seni budaya dengan menggunakan metode tutor sebaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat tulis, alat perekam dan pedoman wawancara. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan tiga macam kegiatan, yaitu reduksi data, model data (datadisplay), penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya dalam pelajaran seni musik di kelas XI AK 1 SMK Negeri 3 Padang sudah mendapatkan hasil yang memuaskan. Metode tutor sebaya dapat mendukung pembelajaran dan kreatifitas siswa. Adapun kelebihan metode tutor sebaya ini untuk memupuk rasa setia kawan, hubungan sosial yang lebih luas antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, serta memupuk rasa tanggung jawab tidak hanya untuk tutor begitu juga untuk siswa yang ditutor. Bahasa yang digunakan tutor sangat berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap materi ajar yang diberikan. Bahasa yang selevel akan menjadikan penyampaian materi ajar mudah dimengerti oleh rekan siswanya. Interaksi yang terbangun sangat baik karena adanya rasa percaya yang tumbuh oleh siswa terhadap tutor, bahasa yang mudah dimengerti. Keseluruhan hal ini dengan sendirinya membangun suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:46
Last Modified: 11 Dec 2018 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20081

Actions (login required)

View Item View Item