Atap Kecil

Saputra, Satni Eka (2017) Atap Kecil. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SATNI_EKA_SAPUTRA_1201153_1180_2017.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Tujuan karya ini adalah untuk menghargai perjuangan kedua orang tua, berangkat dari kisah kehidupan penulis yang dimulai dari atap kecil.Melalui lagu “Atap Kecil” ini diharapkan dapat mewakilkan perasaan penulis untuk ayah dan ibu. Gagasan Karya ini diawali dengan ide untuk mengungkapkan rasa terimakasih kepada ayah dan ibu yang diwujudkan melalui lagu ciptaan dengan lirik yang diharapkan menyentuh pendengarnya, digarap menggunakan alat musik combo band yang dipadukan dengan alat musik tambahan seperti tenor saxophone dan flute sebagai pemberi ornamen dalam karya penulis. Bentuk garapan karya ini adalah aransemen sederhana lagu ciptaan “Atap Kecil” dengan tempo adagio dan dinamika pianissimo untuk mewujudkan suasana haru. Karya “Atap Kecil” ini disajikan dalam 8 bagian, yaitu intro, lagu bagian 1, reffrein 1, lagu bagian 2, reffrein bagian 2, interlude, reffrein bagian 3, dan yang terakhir coda. Diawali bagian 1 dengan intro pada combo band serta di ikuti dengan melodi yang dibawakan oleh flute sebanyak 16 bar, dilanjutkan oleh solo akustik gitar sebanyak 8 bar dan di tambahkan melodi flute setelah itu sebanyak 4 bar dan diikuti dengan tenor saxophone setelah itu sebanyak 4 bar juga. Setelah itu masuk bagian 2 yakni lagu 1, pada bagian ini vokal utama adalah vokal pria, pada bagian ini instrumen yang digunakan hanya gitar akustik saja sebanyak 12 bar. Lalu pada bagian 3 yaitu reffrein, di bagian ini masih dengan vokal utama pria tetapi sudah ada penambahan vokal wanita sebanyak 8 bar. Dibagian ke 4 adalah lagu 2 sebanyak 12 bar, dibagian ini sudah digunakan alat kombo band diantaranya gitar, bass, keyboard, drum, dibagian ini vokal utamanya adalah wanita. pada bagian 5 adalah reffrein lagu ke 2, disini vokal utama kembali ke vokal pria, tetapi diiringi dengan vokal wanita sebagai terts dan kwint dari vokal utama sebanyak 16 bar. Dibagian 6 lagu penulis membuat interlude, interlude disini di dominasi oleh melodi dari gitar elektrik, penulis ingin menonjolkan harmoni gitar pada bagian ini, interlude terdiri dari 12 bar. Masuk ke bagian 7 yaitu reffrein 3, pada bagian ini penulis sendiri yang berperan sebagai vokal utama sebanyak 8 bar pada nada dasar D, lalu penulis membuat modulasi ke nada dasar E sebanyak 8 bar juga, setelah itu masuk ke bagian coda, pada bagian coda atau akhir, penulis ingin lebih menegaskan aksen simbal pada drum sebagai tanda lagu akan berakhir sebanyak 8 bar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:46
Last Modified: 11 Dec 2018 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20077

Actions (login required)

View Item View Item