Penggunaan Media Visual (Powerpoint) pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas X MAN 2 Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu

Andriani, Nena (2017) Penggunaan Media Visual (Powerpoint) pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas X MAN 2 Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NENA_ANDRIANI_1201132_1238_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di lakukan di MAN 2 Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsiskan penggunaan media visual berupa powerpoint pada pembelajaran seni tari di kelas X MAN 2 Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang di amati. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan responden yaitu siswa-siswi kelas X IIS 3 MAN 2 Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, data penelitian yang lain dikumpulkan dengan menggunakan catatan lapangan, pengamatan yang diamati oleh teman sejawat. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari di kelas X IIS 3 MAN 2 Kab.Kepahiang Provinsi Bengkulu dilakukan dalam 4x pertemuan berjalan dengan baik. Terlihat bahwa penggunaan media visual berupapowerpoint pada pembelajaran seni tari di kelas X MAN 2 Kepahiang dengan materi ragam gerak dasar tari Nusantara dapat meningkatkan respon siswa dan hasil belajar siswa. Hal ini berdampak baik pada hasil belajar siswa di kelas X IIS 3. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari sebelum menggunakan media visual berupapowerpoint sebesar 78,7 meningkat menjadi sebesar 82,4 setelah menggunakan media visual berupa powerpoint. Selain itu, media visual berupa powerpoint mampu meningkatkan rasa ingin tahu siswa, sehingga menimbulkan rasa semangat dan antusias yang tinggi dalam proses pembelajaran, dan menciptakan suasana belajar semakin menarik yang tidak membosankan bagi siswa, media visual berupa powerpoint juga dapat mewujudkan proses pembelajaran yang lebih efektif, interaktif dan efisisen. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2018 03:44
Last Modified: 11 Dec 2018 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20046

Actions (login required)

View Item View Item