Bentuk Penyajian Musik Gandang Tambua Minangkabau pada Upacara Pesta Perkawinan di Kelurahan Aur Gading Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun

Fajriani, Mella (2017) Bentuk Penyajian Musik Gandang Tambua Minangkabau pada Upacara Pesta Perkawinan di Kelurahan Aur Gading Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MELLA_FAJRIANI_1305476_4022_2017.pdf

Download (4kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian Musik Gandang Tambua Minangkabau dalam upacara pesta perkawinan di Kelurahan Aur Gading. Metode penelitian adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan Data: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Studi Pustaka, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mengklasifikasi, klarifikasi, interpretasi dan menganalisis semua data yang terkumpul dari sumber observasi, wawancara, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi dari kesemuanya dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah secara sistematis. Hasil penelitian didapatkan bahwa bentuk penyajian Musik Gandang Tambua pada Upacara Pesta Perkawinan adalah berbentuk musik ansambel sejenis yang menggunakan seperangkat Gandang Tambua (8 buah gandang Tambua dan 1 buah Tasa). Gandang Tambua ini digunakan sebagai musik pengiring dalam arak-arakan pengantin menuju ke kediaman mempelai wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:22
Last Modified: 05 Dec 2018 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/20030

Actions (login required)

View Item View Item